Jumat, 25 Juni 2010

Contoh Pidato Hari Kebangkitan Nasional | Luhurnya Semangat Nasionalisme Indonsia

Assalamualaikum Wr. Wb.

Yang terhormat Ibu Susiana selaku Kepala SMP Negeri 2 Jombang, Bapak dan Ibu guru yang saya hormati, beserta teman-teman yang saya cintai.

Marilah kita ucapkan puji syukur kepada Allah SWT, karena atas limpahan rahmat-Nya, kita dapat berkumpul di sini dalam keadaan sehat.

Teman-teman yang berbahagia, pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang “Hari Kebangkitan Nasional” yang jatuh pada tanggal 20 Mei.

Teman-teman yang saya sayangi, bangsa kita mulai bangkit pada tanggal 20 Mei 1908. Untuk pertama kalinya, muncul suatu organisasi modern yang menumbuhkan semangat nasionalisme, yaitu Budi Utomo.

Teman-teman yang berbahagia, nasionalisme Indonesia adalah nasionalisme yang luar biasa. Ia tumbuh bukan atas dasar etnis maupun kedaerahan. Ia adalah suatu kesatuan sebagai bangsa Indonesia yang berasal dari berbagai suku. Dari sinilah muncul Bhinneka Tunggal Ika.

Teman-teman, kita mampu berdiri tegak di sini karena kita mampu bersatu sebagai bangsa, sebagai saudara. Itulah luhurnya semangat nasionalisme Indonesia.

Teman-teman yang saya cintai, kita dapat mengambil kesimpulan bahwa Hari Kebangkitan Nasional adalah hari lahirnya semangat kebangsaan dan kesatuan Indonesia. Saya berharap penjelasan singkat saya tadi dapat memperkuat semangat kesatuan kita sehingga bangsa kita bisa menjadi lebih baik.

Demikian pidato singkat saya. Saya mohon maaf yang sebesar-besarnya apabila ada kata yang salah. Terimakasih atas perhatiannya.

Wassalamualaikum Wr. Wb
(diary-indi.blogspot.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar