Jumat, 15 Mei 2009

Tiga Pilar Pokok Penyampaian Pidato Hebat





Dari banyak buku yang mengupas masalah terkait pidato saya menemukan banyak hal yang mendukung keberhasilan dalam penyampaian sebuah pidato. Dari banyak hal itu, mulai dari menyangkut hal-hal umum sampai hal-hal teknis dalam ber-pidato saya melihat terdapat tiga hal pokok sebagai penentu suksesnya pidato.

Tiga Pilar Pokok Penyampaian pidato tersebut meliputi 3 V, yaitu : vokal, verbal , visual. Semuanya terkait tentang bagaimana manusia bisa menyerap informasi secara maksimal, bagaimana orang bisa tersentuh emosinya, dsb.

Vokal
Dari segi vokal yaitu menyangkut intonasi suara. Tinggi dan rendahnya, berirama atau monoton/datar, bahkan diam. Kapan harus diam dan kapan harus mulai bicara lagi, ini pun penting. Tidak mungkin agar orang ikut terbawa suasana sedih anda menyampaikan dengan nada tinggi seperti orasi. Tidak mungkin untuk membangkitkan semangat anda menyampaikan dengan nada pelan dan lembut. Hal lainnya adalah segi vokal bisa menentukan bosan atau tidaknya audien.

Verbal
Segi verbal menyangkut artikulasi suara. Kejelasan pengucapan hurup, pemilihan kata-kata yang tepat dan sesuai untuk pendengar, bahasa yang digunakan, dll.

Visual
Segi visual mencakup ekspresi tubuh, gerakan badan dan tangan, alat bantu atau media yang digunakan, dll.

Beruntung rasanya saya dulu pernah ikut teater di pondok pesantrena Daarut Tauhiid pimpinan Aa gym. Saya mendapat pelajaran tentang artikulasi suara. Meskipun tidak betul-betul menguasai setidaknya saya jadi tahu.

Bingung? Sedang nyari contoh-contoh pidato coba aja klik contoh teks pidato sekarang.




----------------------------------------------------------
Artikel Terkait lainnya :

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar