Jumat, 15 Mei 2009

Pidato Berperan Penting Dalam Meraih Sukses



Pidato sepertinya sudah mulai ditinggalkan banyak anak muda sekarang ini, sejatinya kemampuan berkomunikasi adalah inti yang diinginkan dari sebuah pidato. Banyak fungsi yang terpendam dalam sebuah naskah pidato.

Sebagai contoh, untuk mengerakan massa seorang pemimpin atau orator dituntut untuk pandai mengajak dan membakar semangat orang-orang disekitar dengan hanya bermodalkan komunikasi, suara dan titik inti dari tiap-tiap audien yang tentunya mempunyai latar belakang berbeda-beda. Pidato sekali lagi memegang fungsi penting.

Banyak sudah pemimpin bangsa yang mampu mengubah sejarah dengan menggunakan pidatonya, sebagai contoh Soekarno yang mampu menggemparkan, menyemangati seluruh elemen bangsa dari tingkat terkecil hingga bangsa-bangsa besar lainnya guna mendukung perjuangan bangsa saat itu.

pidato-presiden-obama-dan-crowd

Lalu tengoklah sejenak ke beberapa hari lalu, bagaimana caleg ber-pidato, mencoba menggeser keyakinan masa menuju kepada apa yang diharapkan sang caleg dalam naskah pidatonya. Beberapa bulan lewat, kandidat presiden di negeri seberang (US) juga menggelar hal yang sama dalm menarik simpati publik dengan ber-pidato. Semua kandidat presiden diberikan kesempatan yang sama untuk menggumpulkan suara. Disinilah fungsi pidato, kualitas pidato dan teknik ber-pidato saling diunggulkan. (suster-gila.blogspot.com)

------------------------------------------------------------

Penting!

Bingung.......ingin melihat contoh pidato lainnya? Atau sedang mencari contoh teks pidato tapi belum nemu silahkan klik kumpulan contoh teks pidato. Atau sedang mencari contoh pidato perpisahan silahkan klik pidato perpisahan.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar