Kamis, 21 Mei 2009

Semangat Kewirausahaan Indonesia Terbunuh Sempurna





Menurutnya (Ciputra) bahwa Indonesia selama dijajah dan semasa orde baru semangat kewirausahaan telah terbunuh dengan sempurna. Terbukti oleh adanya budaya pengemis yang dilakukan pemerintahan Indonesia yang selalu mencari pinjaman sana sini, padahal negeri ini kaya.

Banyaknya lulusan perguruan tinggi yang tak sanggup mencipta lapangan kerja untuk dirinya lebih-lebih untuk pihak lain merupakan bukti kemubaziran lulusan pendidikan yang tidak “siap”.

Perguruan selevel UGM pun belum begitu banyak bisa menyiapkan lulusannya untuk itu. Pemikiran yang ditawarkan Ciputra untuk segera diadopsi oleh UGM adalah membekali “semangat kewirausahaan”. Bahkan menurutnya kewirausahaan sebaiknya diberikan sejak sekolah dasar hingga perguruan tinggi.

Tidak perlu mengubah isi kurikulum, tapi cukup menambahkan muatan kewirausahaan disetiap jurusan. Tentu saja yang dimaksud diiringi dengan praktik tidak sekedar teori.
Ciputra dengan bangga telah memberikan contoh kampus Tarumanegara yang tadinya “payah” ia sulap menjadi kampus “megah” dengan kemandirian dan berlandaskan kewirausahaan.

Masih menurut Ciputra bahwa dengan jiwa wirausaha maka bangsa ini akan menjadi bangsa yang maju, bisa mengelola kekayaannya tanpa perlu ada ketergantungan dengan pihak lain, tidak lagi menjadi negara pengemis. Hal ini bisa saja ditanamkan sejak dini lewat bangku sekolah, yang keberadaanya telah menyebar di seluruh pelosok negeri sebagai lahan persemaian manusia “berpendidikan”.

Denga penuh semangat Ciputra memaparkan kewirausahaan di depan 2000 lebih calon mahasiswa pascasaraja UGM 2007. (urip.wordpress.com)

---------------------------------------------------------------------
Penting!!!
Ingin punya Blog GRATIS Jadi Mesin Uang Buat Penghasilan Sampingan Anda!!!! Anda Akan Segera Di Pandu Gratis. Silahkan Kunjungi :

BUO / banjir-uang-otomatis.blogspot.com akan memandu anda secara GRATIS untuk mendulang uang di internet dari blog sederhana anda. Dijamin anda segera akan mendapat uang online atau uang sampingan yang mengalir dua puluh empat jam, tujuh hari, nonstop. DAHSYATNYA adalah panduan ini diperoleh gratis, benar-benar modal dengkul.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar