Jumat, 15 Mei 2009

Rahasia Pidato Hebat





Rahasia Pandai Pidato
Sebenarnya anda pasti bisa pidato seperti halnya oranglain yang sudah jago. Biasanya telapak tangan berkeringat, mulut terkunci dan pikiran beku, tidak ada sepatah katapun yang dapat dikeluarkan saat seseorang disuruh pidato. Mungkin ini terlalu berlebihan tapi kadang kenyataan seperti itu.

Anda tidak akan lagi seperti yang digambarkan diatas. Bisajadi anda justru seperti Hos Cokro Aminoto, Ir. Soekarno dan anak pedagang pasar....KH. Bisri Mustofa, mereka singa-singa podium, jago pidato.

Jago pidato bukannya karena bakat atau keturunan. Ini salah besar. Yang benar adalah hanya KEMAUAN.

Jika anda mengamati kisah-kisah orang sukses maka akan anda temukan bahwa mereka punya kemampuan pidato hebat.

Jadi jika anda ingin sukses maka jangan ketinggalan kemampuan pidato ini harus dikuasai. Jangan sampai kemampuan ini anda sepelekan apalagi demam panggung. Moso anak gaul ngomong aja ampe ngompol!!!!!he...he..

Persiapan Pidato
Persiapan pada saat akan pidato merupakan hal yang sangat penting dan mutlak. Jika tidak dipersiapkan secara serius dan matang bisa-bisa justru anda akan mendapat malu. Apa saja yang harus dipersiapkan pad saat akan pidato?.

Ada dua syarat pokok yang harus dipersiapkan pada saat akan pidato, yaitu kesehatan dan kesiapan ilmu. Keduanya memegang peranan penting terhadap kesuksesan pidato yang akan anda bawakan.

Dari segi kesehatan mencakup kesehatan jasmani dan rohani. Orang yang ingin jadi orator, dan bahkan yang sedang ingin berpidato harus memperhatikan kesehatannya. Bila kesehatan terganggu, betapa pun lengkapnya persiapan yang lain, tentu keberhasilannya masih diragukan.

Kesiapan Ilmu Menghadapi Pidato
Pertaman anda sudah mengetahui syarat pertama pidato yaitu kesehatan jasmani dan rohani, jika belum silahkan baca persiapan pidato disini...Berikutnya yaitu kesiapan ilmu saat menghadapi pidato.

Kesiapan ilmu mencakup dua hal, meliputi : Soal bahasa dan pengetahuan lainnya.

Pengetahuan bahasa adalah syarat mutlak untuk pidato. Bisa saja orang berbicara tanpa menguasai bahasa, tapi tentu bukan pidato namanya. Penguasaan bahasa, misalnya : mengenai pemakaian awalan, akhiran, memberika definisi, semantik, etimologi, morfologi, tradisi bicara sehari-hari penduduk sekitar dan sebagainya. Tapi ingat, ini bukan berarti untuk jadi ahli pidato hasurlah ahli bahasa.
Kemampuan beberapa bahasa juga akan sangat membantu anda untuk menyampaikan pidato. Bahasa lokal, bahasa nasional , maupun bahasa internasonal. Saya terpukau saat melihat Presiden SBY dilayar kaca sedang pidato menggunakan bahasa inggris.

Penting : jangan putus asa dulu melihat begitu banyak yang harus anda kuasai. Yang paling utama adalah KEMAUAN. Karena dengan kemauan maka kemampuan pasti didapat. Keberanian anda untuk berbicara didepan publik, ini saja sudah menunjukkan langkah besar anda. Masalah lainnya bisa menyusul sambil jalan.

Pengetahuan lainnya yaitu pengetahuan mengenai isi pidato. Apa saja cakupannya yang penting untuk anda ketahui silahkan baca resep menciptakan isi pidato yang memukau.

Menciptakan Isi Pidato Yang Memukau
Setelah memahami pentingnya penguasaan bahasa maka ada yang harus anda miliki pula yaitu pengetahuan lainnya berupa pengetahuan yang menjadi isi pidato. Apa saja yang mencakup pengetahuan isi pidato.

Banyak hal yang bisa anda ketahui atau kuasai, misalnya pengetahuan tentang masalah agama, psikologi, sejarah, biografi, dll.

Tapi.......harus dicamkan bahwa walau pun demikian janganlah anda ingin dianggap serba tahu dan serba bisa dalam segala hal. Ketika diminta membicarakan sesuatu yang memang tidak dikuasai, katakan saja terus terang, “tidak sangup”. Tidak perlu khawatir tidak dapat gelar ahli pidato.

Disamping itu perlu juga pengetahuan pendukung yaitu pengetahuan yang turut dipergunakan dalam menyusun pidato. Sasaran pidato adalah manusia, maka pidatonya akan sukses jika ditopang dengan pengetahuan-pengetahuan seperti : Psikologi (ilmu jiwa), filsafat, agama, antropologi, sejarah dan kebudayaan, pengetahuan hukum, undang-undang dan lain-lain.


Syarat Pidato yang Baik
Mengetahai syarat pidato yang baik akan memudahkan anda untuk menyusun sebuah pidato yang berbobot baik dalam uraian maupun cara penyampaiannya. Apa saja syarat pidato yang baik itu?

Syarat pidato yang baik itu meliputi :
• Adanya pokok masalah (isi) yang akan diuraikan yang harus dikuasai.
• Memiliki kecakapan untuk menyampaikan isi tersebut
• Uraian mengandung pengetahuan
• Ada tujuan yang ingin dicapai
• Antara si pembaca, topik, dan pendengar terjalin hubungan yang harmonis.

Inilah lima poin yang dapat membantu memudahkan anda menyusun sebuah pidato yang berkualitas.

Baca pula Tiga Pilar Pokok Penyampaian Pidato Hebat

Tiga Pilar Pokok Penyampaian Pidato Hebat
Dari banyak buku yang mengupas masalah terkait pidato saya menemukan banyak hal yang mendukung keberhasilan dalam penyampaian sebuah pidato. Dari banyak hal itu, mulai dari menyangkut hal-hal umum sampai hal-hal teknis dalam berpidato saya melihat terdapat tiga hal pokok sebagai penentu suksesnya pidato.

Tiga Pilar Pokok Penyampaian Pidato tersebut meliputi 3 V, yaitu : vokal, verbal , visual. Semuanya terkait tentang bagaimana manusia bisa menyerap informasi secara maksimal, bagaimana orang bisa tersentuh emosinya, dsb.

Vokal
Dari segi vokal yaitu menyangkut intonasi suara. Tinggi dan rendahnya, berirama atau monoton/datar, bahkan diam. Kapan harus diam dan kapan harus mulai bicara lagi, ini pun penting. Tidak mungkin agar orang ikut terbawa suasana sedih anda menyampaikan dengan nada tinggi seperti orasi. Tidak mungkin untuk membangkitkan semangat anda menyampaikan dengan nada pelan dan lembut. Hal lainnya adalah segi vokal bisa menentukan bosan atau tidaknya audien.

Verbal
Segi verbal menyangkut artikulasi suara. Kejelasan pengucapan hurup, pemilihan kata-kata yang tepat dan sesuai untuk pendengar, bahasa yang digunakan, dll.

Visual
Segi visual mencakup ekspresi tubuh, gerakan badan dan tangan, alat bantu atau media yang digunakan, dll.

Beruntung rasanya saya dulu pernah ikut teater di pondok pesantrena Daarut Tauhiid pimpinan Aa gym. Saya mendapat pelajaran tentang artikulasi suara. Meskipun tidak betul-betul menguasai setidaknya saya jadi tahu.

Bingung? Sedang nyari contoh-contoh pidato coba aja klik contoh teks pidato sekarang.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar