Jumat, 18 September 2009

Kereta Tercepat Perancis TGV : 574.8m/jam


TGV (Train à Grande Vitesse, High speed train) kereta rel konvensional dari Perancis ini mampu menembus top speed 574.8 km/h. Beda tipis ama saingannya Shinkansen dari Jepang dengan rel magnet yang mampu menembus top speed 581 km/h
Sumber : solocybercity.wordpress.com


Rasanya tidak salah jika saya menjuluki negara Prancis adalah negara yang memiliki ego yang cukup tinggi dalam urusan transportasi. Pasalnya untuk urusan angkutan darat saja, negeri ini memiliki angkutan umum yang lumayan komplit, dan beberapa termasuk tercepat/tertinggi di dunia, sebut saja seperti jembatan tertinggi dunia , Almarhum pesawat Concorde, dan yang terakhir TGV !

Pemerintah negeri ini tak saja cukup menyediakan angkutan bawah tanah (baca:metro/RER) yang bahkan menembus hingga beberapa tingkatan dalam tanah. Negeri inipun juga menyediakan tramway sampai bus dengan pelbagai ukuran, baik ukuran sedang maupun panjang. Dan, itu belum lagi terhitung entah berapa jumlah taksi yang berseliweran, yang siap mengangkut penumpang jam berapapun yang dimau. Apakah sudah lengkap semua itu? Oooh tentu saja tidak!

Masih dalam urusan angkutan darat, hari ini merupakan hari yang bersejarah bagi perkeretaapian Prancis. Pasalnya, negeri pemilik negeri Eiffel ini baru saja merilis tepatnya meresmikan pemakaian kereta tercepat dunia TGV (Train à Grande Vitesse) tepat hari ini!!! Kereta tercepat dunia berkekuatan 320km/jam ini hanya beroperasi untuk jurusan Strasbourg, Prancis Utara. Sebenarnya sebelum ini, di Jepang telah ada kereta tercepat dunia, namun tidak dioperasikan untuk umum.

Adalah jawatan perkeretaapian Prancis (SNCF) dan perusahaan pakar pembuatan metro "ALSTOM" yang membidani lahirnya kereta yang nilainya alamaak tak tanggung-tangung sebesar 66 RIBU milyar rupiah!! Biaya yang selangit itu hasil urung rembuk antara pihak SNCF, pemerintah dan pihak swasta. Dengan biaya "gila" itu, jarak temput antara Paris-Strasbourg yang semula 4 jam, kini dapat digapai menjadi 2 jam 20 menit. TGV tercepat yang beroperasi per harinya sebanyak 25 kali ini dapat diakses di dua tempat, di Gare de l'est dan di bandara Roissy Charles de Gaule. Namun, khusus di bandara, TGV hanya beroperasi tiga kali per hari. Harga tiket untuk kelas satu, PP, senilai 224 euros, sedangakan kelas dua, PP senilai 142 euros. Harga tersebut dapat berubah sesuai dengan waktu keberangkatan.

Sumber :sikrit.multiply.com

-----------------------------------------------------
Artikel Yang Masih Berhubungan :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar